Mengenal Return of Investment (ROI) Untuk Investasi Anda

Mengenal Return of Investment (ROI) Untuk Investasi Anda - Return of Investment (Rol) merupakan istilah ukuran kinerja yang bisa digunakan untuk dapat membandingkan hasil investasi. Yang mesuk dalam hitungang ROI ini adalah pendapatan bersih dari hasil investasi yang kemudian dibagi dengan berapa biaya investasi yang dikeluarkan. Berikut ini adalah rumusnya.

ROI = Laba Bersih / Biaya Investasi
Keterangannya ialah:
"Laba Bersih" = keuntungan dari investasi - biaya Investasi

Mengenal Return of Investment (ROI) Untuk Investasi Anda

Biasanya ROI tercatat sebagai nilai persentase. Misalnya nilainya 10% berarti dari setiap rupiah yang telah di investasikan nilainya adalah 10 sen. Bila anda menginginkan ROI berupa bentuk persentase, maa berikut ini adalah langkah untuk menghitungnya:

ROI = (Laba bersih / Biaya investasi) x 100
Contohnya bila nilai bersih darai penghasilan anda sebesar  Rp 10 juta dan sebesar Rp 8 juta merupakan biaya investasinya, bisa disimpulkan jika ROI anda sebesar 1,25 dari penghitungan 10 juta : Rp 8 juta, atau ROI anda sebesar 125 % bila dinyatakan sebagai persentase.

Namun apa bila ROI anda negatif, anda tidak perlu mempertimbangkan investasi anda karena investasi anda adalah kerugian. Bisa dikatakan investasi anda menguntungkan jika nilai ROI anda positif. Karena dibandingkan dengan ROI yang nilainya lebih rendah, nilai ROI yang tinggi lebih baik. Apa bila sebuah peroyek memiliki ROI tertinggi makan tingkat keuntungannya aan lebih tinggi.

Alasan mengapa ROI di gunakan dalam menngukur pendaatan da biaya yang dikeluarkan ialah karena ROI sangat fleksibel selain itu juga data dimanipulasi. Oleh sebab itulah bagai mana ROI itu dihitung anda perlu mengetahui apa penghasilan itu apa dan biaya itu apa? Contohnya dalam akuntasi ROI sama dengan laba bersih kemudian dibagi dengan total aset. Jika anda bisa dengan mudah mendifinisikan hasil dan pendapatan maka ROI ini akan bekerja dengan baik.

Namun ROI juga tetap dapat digunakan meskipun definisi mengenai pendapatan dan pengeluaran yang kurang tepat selain itu ROI juga dapat digunakan untuk mempertimbangkan akurasi, kepuasan pelanggan atau grafik rata-rata belanja dan yang lainya. Contoh misalnya menggunakan ROI untuk mengetahui CS (dimana CS merupakan singkatan dari  Customer Satisfaction/ Kepuasan Pelanggan) berikut ini adalah caranya:

ROI = Perubahan kepuasan pelanggan / Biaya Investasi
Keterangannya ialah:
Perubahan kepuasan pelanggan = CS setelah investasi - CS sebelum investasi.

Bagaimana langkah yang harus anda lakukan dengan ROI? Langkah pertama jika ROI investasi yang anda miliki hanya satu berarti ROI hanya bisa menunjukkan keuntungandari investasi anda (ROI> 0). Bila anda memiliki lebih dari satu investasi namun anda memertimbangkan salah satunya ingin anda akhiri mungkin anda bisa menggunakan investasi ROI terkecil untuk mengakhirinya.

Tak hanya itu saja, apa bila anda memiliki peluang investasi, maka anda harus memilih salah satunya dengan nilai ROI tertinggi, namun anda haru mempertimbang keterlibatan beberapa faktorlainnya seperti jumlah minimum yang diperlukan untuk investasi, resikonya serta portofolio Anda.

0 Response to "Mengenal Return of Investment (ROI) Untuk Investasi Anda"

Poskan Komentar