Bitcoin, Uang Digital Masa Depan yang Terdesentralisasi

Bitcoin, Uang Digital Masa Depan yang Terdesentralisasi - Rupanya kehadiran Bitcoin banyak mendapatkan perhatian dunia, uang baru dalam bentuk digital ini memiliki sifat fluktuatif, dengan cepat ia mampu menjadi pilihan baru serta tren untuk transaksi di dunia maya. newyorker.com melaporkan uang digital yang mulai dikenal sejak Januari 2009 lalu berbeda jauh dengan sistem mata uang seperti pada umumnya (konvensional).

Bisa dibilang Bitcoin ini merupakan tambang yang didalamnya terdapat emas atau seperti tembaga dan yang lainnya. Dan yang mau mendedikasikan tenaga dan  usaanya pada sumber daya komputerlah adalah para penambangnya.

Bitcoin, Uang Digital Masa Depan yang Terdesentralisasi

Yang dimaksudkan penambang disini mungkin pada awalnya hanya bisa dilakuan seseorang dengan komputer yang ada di rumahannya. Namun sejak awal 2014 cukup hanya dengan menggunakan perangkat yang telah dirancang khusus penambangan tersebut sudah bisa dilakukan secara kolektif.

Dalam 10 menit, beberapa unit bitcoin (misalnya 25) akan di anugrahkan oleh sistem bitcoin menggunakan salah satu cara penambang. Per 10 menitya jumlah yang ditambang akan mengalami penurunan seiring waktu, sehingga akan habis kurang lebih 2140. Dengan total jumlah bitcoin 21 juta yang bisa ditambang.

Hasil Bitcoin yang diperoleh juga dapat berfungsi seperti layaknya mata uang konvensional pada umumnya juga dapat diterima sebagai pembayaran yang sah untuk beragam transaksi online.

Satu Bitcoin Itu Nilainya Berapa?
Diawal kemunculannya Nilai satu bitcoin jika diubah  menjadi uang konvensional misalnya mata uang AS kurang lebih setara dengan 1 dollar  nilainyapun terus menunjukkan fluktuatif. Mengutip darai Preev.com yang mengatakan pada 11 Januari 2014 pukul 21.30 WIB dalam satu unit bitcoin (1 BTC)  jika di ubah kedalam uang konvensional nilainya mencapai 911 dollar AS.

Uang digital ini sudah bisa dipergunakan untuk berbelanja barang di toko yang sudah menerima mata uang yang satu ini baik online atau pun toko fisik. Di bitcoinstore.com bitcoin sudah dapat diberbelanja barang elektronik, oleh pemakainya seperti instrumen musik, kamera dan komputer.

Perkembangan mata uang ini pun semakin pesat hal ini dapat dilihat dari sudah semakin banyaknya pedagang  yang sudah meyediakan pembayaran bitcoin. Nama-nama yang cukup terkenal lainnya seperti namechap.com, wordpress.com, dan reddit.com juga sudah menerimanya.

Siapa Pencetus Bitcoin?
Disebut-sebut Satoshi Nakamoto lah orang pertama yang mencetuskan Bitcoin. Di duga sekelompokorang sengaja menggunkan  nama Satoshi Nakamoto  sebagai nama samara, mengingat masih belum diketahuinya identitas aslinya.

Sejak awal sepertinya Nakamoto memang membuat sistem bitcoin terdesentralisasi agar tidak seperti uang konvensional.  Hingga mata uang ini tidak akan menglami seperti apa yang dialami uang konvensional pada umumnya yang nilainya dapat berubah karena terkena dampak kebijakan suatu lembaga ataupun Negara.

Namun meskipun tak sama dengan matau uang konvensional, bukan berarti Bitcoin tidak  dapat  dicuri. Akan tetapi bitcoin yang diambil oleh orang lain (dicuri) tetap akan selalu dapat terlacak karena bitcoin sudah tercatat dalam sistem, sehingga secara teori, saat ia digunakan untuk melakukan transaksi ia dapat terlacak.

2 Responses to "Bitcoin, Uang Digital Masa Depan yang Terdesentralisasi"

  1. Hello Everyone,

    Below are the most recommended Bitcoin exchangers (Bitcoin for CASH):
    Coinbase: $1 minimum transaction
    CoinMama

    Get free Bitcoins with the best Bitcoin faucet rotator:
    IACBit.org Faucet Rotator

    BalasHapus
  2. On Take Free Bitcoin you can recieve faucet bitcoins. 8 to 22 satoshis every 5 mins.

    BalasHapus